Untuk yang Belum Tahu, Ini Beragam Manfaat dan Kegunaan Minyak Kelapa Sawit

0
704

INDONESIA dikenal sebagai satu dari dua negara penghasil sawit terbesar di dunia dan menjadi salah satu sumber devisa dari ekspor non migas terbesar dalam pos APBN. Besarnya pemasukan yang didapat dari  industri ini tidak lepas dari banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari tumbuhan jenis akar serabut ini. Sehingga para investor atau petani tak ragu untuk menanam modal dalam industri agro ini.

Manfaat praktis  minyak ini diantaranya langsung berhubungan dengan kebutuhan harian manusia. Pertama, sebagai minyak goreng yang tak lain merupakan satu dari  sembilan bahan pokok yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan.  Mulai dari rumah tangga, restoran, dan juga berbagai industri makanan, seperti pembuatan keripik.  Sedangkan untuk kebutuhan rumah tangga lain, sawit juga menjadi bahan utama pembuatan mentega.

Sawit juga bisa digunakan untuk kebutuhan kendaraan bermotor,  sebagai campuran bahan bakar biodiesel. Diesel merupakan salah satu jenis mesin yang memiliki keunggulan, terutama untuk kendaraan niaga dan pertambangan, yang membutuhkan tenaga dalam jumlah torsi yang besar untuk mengangkut hasil kebun, tambang dan juga pendistribusian komoditas antar daerah.

Selain itu, diesel juga sering dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Bahan bakar utama dari diesel dapat diperoleh dengan menggunakan campuran dari minyak kelapas sawit, yang dinilai rama lingkungan, dibandingkan bahan bakar diesel biasa.

Selain biodiesel, minyak sawit juga dapat menjadi bahan baku untuk minyak pelumas. Kebanyakan digunakan untuk melumasi bagian luar mesin. Bahkan ada beberapa jenis mesin 2 tak, menggunakan minyak goreng kelapa sawit sebagai bahan campuran pada oli sampingnya.

Bukan hanya itu, minyak sawit yang sudah diolah bisa juga menjadi bahan baku pembuatan cat dan pasta gigi.  Atau juga bisa jadi dempul.  Atau menjadi  bahan baku dalam industri baja, khususnya untuk memberikan lapisan pada baja dan besi agar menjadi lebih tahan terhadap karat dan juga korosi

Hasil perkebunan ini juga telah digunakan sebagai bahan kosmetik, khususnya pembuat pomade yang digunakan untuk rambut. Selain itu bahan nabati ini digunakan industri kecantikan sebagai bahan  pembuatan lotion dan juga cream kulit

Sementara untuk keperluan yang harus melalui proses.  Kegunaan praktis minyak sawit juga ada,yakni untuk mendinginkan kulit yang terbakar. Jangan lupa juga, minyak sawit dapat menetralisir rasa pedas

Atau juga untuk  membantu proses penyamakan kulit  binatang, seperti sapi dan kambing. Sebelum diolah menjadi kulit yang siap untuk dijadikan tas dan dompet.

Kelapa sawit juga bisa menjadi  makanan hewan, khususnya pada bagian ampas  Belum termasuk buah mentahnya yang juga menjadi  santapan lezat bagi hewan – hewan liar, seperti babi hutan.

Jadi, kalau ada yang mengatakan sawit berbahaya bagi orang  yang mengkonsumsinya, maka orang tersebut perlu terjun langsung melihat sebesar apa manfaatnya. Tidak cuma berkampanye dunia maya dengan agenda menggusur penggunaan bahan ini untuk diganti dengan bahan produksi negara sponsornya. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini