Manfaat Minyak Sawit untuk Atlet

0
155
Pieter Jan Hannes (Foto: Ian MacNicol/Getty Images Europe)

MINYAK kelapa sawit sudah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Mulai dari kemampuannya melindungi fungsi otak, mengurangi risiko serangan jantung hingga meningkatkan status vitamin A.

Itulah sebabnya banyak atlet yang memilih menggunakan minyak kelapa sawit untuk kebugaran tubuhnya. Salah satunya adalah atlet lari terkenal dari Belgia, Pieter-Jan Hannes. Atlet yang berlaga di  Olimpiade Brasil 2016 itu memilih sawit untuk membantu kebugarannya,

Menurutnya, minyak sawit memberikan keuntungan baginya di lintasan lari. “Minyak sawit merupakan lemak alami yang tentu saja merupakan produk bagus meskipun tidak begitu dikenal di Belgia. Minyak sawit direkomendasikan kepada saya oleh ahli nutrisi. Hasilnya, sawit menjadi solusi sempurna untuk mengoptimalkan kebugaran tubuh,” ujar Hannes.

Hannes, yang juga merupakan mahasiswa kimia di Universitas Leuven, Belgia, menjelaskan bahwa keseimbangan antara leremak jenuh dan tidak jenuh dalam minyak sawit merupakan sumber energi  dan juga sumber vitamin.

Hannes mengungkapkan, orang Belgia gemar makan dan minum dan banyak makanan serta minuman yang enak di Belgia. Negeri itu memang dikenal akan bir, kentang, coklat, dan wafel. Namun, Hannes lebih memilih mengkonsumsi daging yang dimasak sehat dengan sayuran serta unsur kabohidrat seperti kentang, nasi atau pasta.

Makanan dengan kombinasi lemak daging, protein dan karbohidrat biasanya sulit untuk dicerna di dalam perut. Namun masalah itu terselesaikan oleh minyak sawit yang membantu pencernaan. “Dengan banyaknya energi dan vitamin dari minyak sawit, saya tidak perlu lagi mengkombinasikan semuanya dalam satu makanan. Ini merupakan keuntungan bagi atlet,” tutur Hannes. *** (New Straits Times)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini