Pasar Sawit Dunia Masih Terbuka

0
497
Foto: TEMPO/Richard Andika

DIREKTUR Area B3 Kaltim, PT Astra Agro Lestari Tbk, Supariyo mengatakan bahwa pasar kelapa sawit di dunia internasional, masih terbuka lebar. Kendati Eropa mencekal masuknya kelapa sawit asal Indonesia, hal itu tak akan mengurangi kebutuhan dunia akan produk kelapa sawit yang terus bertambah dari hari ke hari.

Untuk itu, pihaknya akan terus memaksimalkan produksi yang mencapai 280 ton crude palm oil (CPO) per jam pada perusahaannya.  “Pakistan, Bangladesh, Kamboja, dan beberapa negara di Asia Tenggara merupakan pasar yang bagus. Amerika Latin juga,” kata Supariyo sebagiamana dikutip Tribun Kaltim.

Produksi ini dihasilkan enam pabrik yang berlokasi di Paser, Penajam Paser Utara, Sangkulirang dan Muara Wahau. Astra Agro Lestari juga membawahi delapan perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kaltim, yang terletak di tiga kabupaten di Kaltim. Total luas areanya mencapai 44 ribu hektare.

Sementara, kata Supariyo, luas kebun plasma yang tersebar di seluruh lokasi Astra Agro Lestari sekitar 5 ribu hektare lebih. “Itu baru plasma masyarakat yang kita kelola. Belum termasuk kebun swadaya masyarakat yang kita beli sawitnya,” ungkap Supariyo. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini