Satu Lagi Pabrik Kelapa Sawit Segera Berdiri di Rokan Hilir

0
867
Peletakan batu pertama pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Desa Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Foto (Antarariau)

KABUPATEN Rokar Hilir, Riau akan segera memiliki satu buah pabrik kelapa sawit (PKS) baru yang diyakini mampu mengefisienkan proses pengolahan sawit dari perkebunan rakyat. Keberadaan pabrik baru dapat menghemat waktu pengangkutan dari perkebunan rakyat sehingga biaya bisa ditekan.

Pabrik yang tengah dibangun oleh PT Sindora Seraya itu berada di Desa Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Peletakan batu pertamanya dilakukan Kamis (5/7/2018).

“Kalau mau bangun PKS sekarang sama dengan membangun lapangan pekerjaan, memberi kesempatan orang untuk mencari kehidupan. Kami dari Pemerintah Daerah (Pemda) bersama DPRD memberi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PT Sindora Seraya,” kata Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hilir, Nasrudin Hasan sebagaimana diberitakan AntaraRiau.

Menurutnya, masyarakan akan diuntungkan dengan kehadiran pabrik tersebut. “Kalau sudah ada PKS di sini tentu nilai tambah bagi masyarakat pasti ada, karena sawit yang sebelumnya dijual ke Kecamatan Simpang Kanan harganya Rp1.200, di sini juga demikian. Berarti mereka hemat waktu, hewat biaya dan untung bertambah,” katanya.

Camat Rimba Melintang Burhanuddin mengapresiasi keberadaan PKS tersebut karena mendukung upaya pemerintah daerah untuk memperluas lapangan pekerjaan. “Jadi, keberadaan daripada PKS ini tentu dapat memberi kontribusi, menerima tenaga kerja. Ini yang kami harapkan,” tutur Burhanuddin.

Menurut Roy Chandra dari PT Sindora Seraya, pembangunan PKS itu diperkirakan rampung dalam satu tahun. Produksi pertama direncanakan akan dilakukan segera setelah pabrik selesai dibangun. **

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini