Tahapan Awal Replanting di Musi Banyuasin Tuntas

0
234
POHON TERAKHIR: Direktur Utama BPDPKS Dono Boestami menamam pohon kelapa sawit terakhir sebagai tanda selesainya pelaksanaan tahap awal program peremajaan sawit rakyat (PSR) tahun tanam 2017 di Desa Sidorejo, Kecamatan Seluang, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (6/8/2018). (foto: BPDPKS)

PELAKSANAAN tahap awal program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) tahun tanam 2017 di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan telah selesai dilaksanakan, ditandai dengan dilakukannya proses tutup tanam, Senin, (6/8/2018).

Program replanting di Kabupaten Musi Banyuasin tahun tanam 2017 diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Oktober 2017. Replanting ini mencakup perkebunan yang dikelola oleh empat Koperasi Unit Desa (KUD) dengan luas total lahan 4.446 hektare. Empat KUD itu adalah Sumber Jaya Lestari, Tri Bakti Sentosa, Suka Makmur, dan Mukti Jaya.

Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Dono Boestami menyatakan keberhasilan replanting ini merupakan hal yang membanggakan, khususnya bagi pengurus dan anggota keempat KUD tersebut yang telah bekerja keras.

“Pada hari ini dilakukan tutup tanam menandai bahwa pekerjaan peremajaan tahap awal (P-0) telah selesai untuk kebun lahan 4.446 hektare oleh empat koperasi. Ini merupakan kerja keras pengurus koperasi dan anggotanya dan membuahkan hasil yang manis,” ujar Dono saat menyampaikan sambutan pada acara Tutup Tanam PSR di Desa Sidorejo, Kecamatan Keluang, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (6/8/2018).

Dono juga mengungkapkan, pada awalnya, luas lahan yang akan diremajakan itu mencapai 2.846 hektare namun terdapat penambahan seluas 1.600 hektare yang saat itu statusnya diklaim berada di wilayah kawasan hutan. Lahan tersebut kemudian berhasil dikembalikan ke areal penggunaan lahan dan bisa diremajakan. Sehingga total peremajaan di lahan empat KUD tersebut mencapai 4.446 hektare.

“Kami BPDPKS akan terus turut memonitor perkembangan kebun yang diremajakan tersebut sampai nanti dinyatakan selesai seluruhnya. Jadi, tugas kami tidak selesai di sini, kami akan terus memonitor sampai tahun ke-7 atau ke-8,” tegas Dono.

Hadir pula pada acara tersebut jajaran Pemkab Musi Banyuasin, perwakilan Kementerian Perekonomian, dan bank mitra, yakni Bank Sumsel Babel dan Bank BNI. “Alhamdulillah replanting di empat KUD telah selesai. Selamat atas suksesnya replanting ini, ke depan harus lebih baik, karena sekarang semua serba mudah, baik dari segi pendanaan, infrastruktur, dan lain sebagainya,” ujar Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Musi Banyuasin Iskandar Syahrianto saat menyampaikan sambutan mewakili Bupati Musi Banyuasin. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini