Luhut Paparkan Strategi Diplomasi Sawit Kepada DPR

0
2964

MENKO Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan memaparkan pencapaian diplomasi sawit di hadapan DPR, terkait dengan kampanye negatif terhadap sawit Indonesia. Luhut menyampaikan ada lima strategi yang dijalankan.

“Ada lima strategi yang telah dilakukan Indonesia yakni, further engagement stakeholder di Uni Eropa, mainstreaming Indonesian sustainable palm oil, strategi komunikasi, diseminasi informasi kelapa sawit, serta seminar kelapa sawit yang difasilitasi oleh Vatikan,” kata Luhut di hadapan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta (7/6/2018).

Menurutnya, pemerintah terus menjelaskan secara agresif keterkaitan antara pertanian sawit terhadap kesejahteraan di Indonesia. Selama ini industri sawit nasional menjadi salah satu penopang hidup ribuan petani dan membantu mengentaskan kemiskinan di Indonesia. Selain itu juga pemahaman tidak adanya deforestasi seperti yang dituduhkan banyak pihak.

Upaya dialog yang ditempuh diharapkan menghasilkan pemahaman yang lebih menyeluruh menganai sawit Indonesia oleh dunia internasional, khususnya oleh Uni Eropa.

Selain masalah sawit, Luhut juga memaparkan mengenai pencapaian di bidang-bidang lainnya. Antara lain, operasional Bandara Kertajati di Majalengka, pembangunan instalasi pengolah sampah menjadi energi hingga kerja sama investasi Indonesia-China. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini