Bank Kucurkan Kredit Peremajaan Sawit Rp4 Triliun

0
1900

PERBANKAN akan menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) sebanyak Rp 4 triliun untuk program peremajaan sawit. Pendanaan dari bank ini akan melengkapi dana bantuan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Total KUR sebesar Rp4 triliun tersebut akan dikucurkan oleh bank BUMN, yakni Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BRI. “Total seluruh (KUR) Rp 4 triliun untuk itu (peremajaan sawit), dengan bunga 7%,” kata Direktur PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Alexandra Askandar di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, (17/5/2018).

Bank Mandiri, kata Alexander,  telah menyalurkan KUR tahap pertama untuk 402 hektar dan berikutnya untuk peremajaana 859 hektar yang baru diresmikan Presiden Jokowi di Riau belum lama ini.

Menurut Deputi II Bidang Koordinasi Pertanian dan Pangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Musdalifa Mahmud, KUR tersebut akan diberikan kepada petani setelah anggaran dari BPDPKS sebesar Rp25 juta per hektar direalisasikan.

Untuk peremajaan sawit rata-rata dibutuhkan biaya Rp55 juta hingga Rp68 juta. “Rp25 juta sudah dapat dari BPDPKS, nah sisanya nanti dibayarin KUR,” jelas Musdalifa. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini