BPDP Hadir di Ajang Tahunan Surabaya Great Expo 2025 untuk Perkuat Promosi Kelapa Sawit
Kegiatan promosi sawit menjadi salah satu sarana efektif untuk menjangkau berbagai pemangku kepentingan, pelaku industri, pemerintah daerah, serta masyarakat umum.

Surabaya, Jawa Timur – Sinergi antara sektor perdagangan dan pariwisata dengan sektor perkebunan diharapkan dapat membuka peluang pengembangan ekonomi daerah, serta memperkuat narasi bahwa sektorial spesifik, terutama industri sawit dapat tumbuh sejalan dengan prinsip keberlanjutan dan inklusivitas.
Kegiatan promosi sawit menjadi salah satu sarana efektif dalam lingkup sektoral tersebut untuk menjangkau berbagai pemangku kepentingan, pelaku industri, pemerintah daerah, serta masyarakat umum.
Sebagai lembaga pengelola dana sawit yang diamanatkan untuk menyalurkan dana secara tepat sasaran dan transparan, Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) memiliki tanggung jawab untuk menyosialisasikan program-program kerjanya kepada publik secara luas. Tanggung jawab tersebut juga dimaksudkan untuk membangun citra positif industri kelapa sawit yang berkelanjutan, inklusif, dan ramah lingkungan.
Surabaya Great Expo (SGE) 2025 merupakan ajang pameran, promosi, hingga rekreasi keluarga berskala nasional yang menampilkan berbagai potensi, kinerja, dan prestasi yang telah diraih oleh kalangan usaha, pemerintah, dan masyarakat. Kegiatan ini diselenggarakan selama lima hari berturut-turut yakni dari tanggal 13-17 Agustus 2025 di Exhibition Hall Grand City Surabaya.
Partisipasi BPDP dalam kegiatan ini tidak hanya diwujudkan dalam bentuk showcase produk-produk turunan kelapa sawit, tetapi juga melalui beragam aktivasi dan edukasi interaktif dengan melibatkan pengunjung dari berbagai kalangan, terutama pelajar, seperti aktivasi mencanting batik berbahan minyak sawit, lomba menyusun puzzle sawit, serta spin wheel games yang berisi pertanyaan edukatif tentang kelapa sawit dan BPDP.
Selama gelaran SGE 2025 ini berlangsung, tercatat sebanyak lebih dari 500 orang berkunjung secara langsung ke booth BPDP untuk mengikuti beragam aktivasi tersebut.
Melalui tampilan booth, materi publikasi, serta interaksi langsung dengan pengunjung, BPDP berkomitmen untuk membangun pemahaman kolektif bahwa kelapa sawit juga menjadi bagian dari solusi dalam menciptakan pembangunan nasional yang berkeadilan, lestari, dan berdampak bagi semua kalangan.
Pada kesempatan ini, Plt. Kepala Divisi Komunikasi dan Layanan Informasi BPDP, Adi Sucipto yang diwakilkan oleh Public Engagement Specialist BPDP, Mujiono Hardiansyah, dalam Talkshow Ekspor UKM Go Global pada rangkaian SGE 2025 menyampaikan, beberapa tujuan lainnya dari program Promosi BPDP di antaranya sebagai sumber informasi pasar perkebunan, memperluas pasar perkebunan, meningkatkan investasi perkebunan, serta menumbuhkembangkan pusat pemasaran komoditas perkebunan.
"Program promosi ini juga dapat diajukan oleh organisasi lainnya seperti lembaga penelitian, perusahaan pers, media alternatif, perguruan tinggi, hingga organisasi masyarakat," ungkap Mujiono Hardiansyah.
BPDP Meraih Penghargaan pada Ajang Surabaya Great Expo (SGE) 2025
Kegiatan Surabaya Great Expo (SGE) 2025 diikuti oleh 198 stan peserta dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, UMKM, hingga komunitas kreatif. Kegiatan SGE juga menawarkan berbagai produk seperti kuliner, fesyen, batik, dan kerajinan tangan. Tidak hanya menjadi ajang pameran, kegiatan ini diramaikan dengan talkshow, pertunjukan seni, serta berbagai program promosi menarik yang dapat dinikmati pengunjung.
Dalam kesempatan ini, BPDP mendapatkan penghargaan Juara 1 dengan kategori Penataan Stand Terbaik.