Survei Kepuasan Pelanggan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS)

Survei Kepuasan Pelanggan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS)

Sebagaimana amanat yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Negara memiliki kewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik. Untuk itu berbagai terobosan dan perbaikan telah dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik baik itu instansi pemerintah pusat maupun daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanannya.

Dalam pelayanan pada umumnya, ada dua model pengukuran berdasarkan jenis penyelenggara pelayanan yakni pengukuran kepuasan pelanggan (privat) dan pengukuran kepuasan masyarakat (publik). Pada organisasi privat, pengukuran kepuasan pelanggan (costumer satisfaction) biasa dilakukan dengan cara melakukan riset pasar atau riset marketing, sementara pada organisasi publik biasanya berupa survei kepuasan masyarakat (SKM) yang hasilnya ditampilkan dalam bentuk Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).

Hasil survei kepuasan pengguna layanan BPDPKS tahun 2021, sebagai berikut:

CSI BPDPKS tahun 2021 secara keseluruhan ada angka 3,58 meningkat dari tahun lalu sebesar 3,55. Perolehan final nilai CSI dari ketiga kategori sebesar 3.58, dengan rincian:

1.CSI 3.39 untuk kategori Penghimpun.

2.CSI 3.67 untuk kategori Penyalur Dana.

3.CSI 3.68 untuk kategori Vendor.

 

Sumber: Analisis MarkPlus, 2021.