Kalangan Muda Dukung Penerapan Sawit Berkelanjutan

JAKARTA—Dalam upaya mendukung penerapan sawit berkelanjutan di Indonesia, Jaringan Indonesia Muda (JIM) bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menyelenggarakan Lokakarya dan Meeting Gathering 2019.

Kegiatan yang mengusung tema “Satukan Langkah Untuk Sawit Indonesia” ini dilangsungkan di Bogor, Jawa Barat, 20-22 November 2019. Kegiatan digelar untuk memberikan edukasi dan pengetahuan kepada kalangan muda tentang sawit Indonesia yang berkelanjutan.

Arsyad Prayogi selaku ketua umum JIM dalam sambutannya mengungkapkan tentang kondisi dan tantangan yang dihadapi Industri minyak kelapa sawit. Menurutnya, kelapa sawit sering mendapatkan narasi negatif yang disampaikan melalui media. Misalnya, sawit dianggap sebagai salah satu pemicu kerusakan lingkungan di Indonesia.

Padahal, narasi tersebut tidak selamanya benar karena penerapan sawit berkelanjutan menentang perusakan lingkungan semacam itu. “Maka dari itu, peran anak muda sangatlah penting dalam menjawab persoalan dan tantangan yang dihadapi industri kelapa sawit. Melalui media sosial kita bisa bergerak mengkampanyekan narasi positif tentang sawit berkelanjutan,” ujar Arsyad.

Sementara itu, Kepala Divisi Perusahaan BPDPKS Achmad Maulizal Sutawijaya dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia tengah berupaya menerapkan sawit berkelanjutan di semua sektor sawit. Mulai dari aspek perkebunan, lingkungan, energi, perdagangan, dan lain-lain.

“Upaya ini perlu didukung oleh semua lapisan masyarakat, tak hanya oleh pemangku kepentingan di sektor sawit. Penerapan sawit berkelanjutan harus pula dibarengi dengan upaya untuk meyakinkan publik, khususnya komunitas internasional, bahwa sawit Indonesia merupakan sawit yang ramah lingkungan,” tegas Maulizal.

Menurutnya, peran kalangan muda di Indonesia dalam upaya sosialisasi sawit berkelanjutan sangatlah penting. Sebab, mereka merupakan generasi yang akan menjaga eksistensi sawit Indonesia di masa depan. “Wawasan kalangan muda mengenai sawit sudah semakin terbuka. Mereka sudah bisa membedakan mana informasi yang hoax, dan mana yang fakta. Fakta-fakta mengenai sawit berkelanjutan inilah yang juga perlu disebarkan lebih luas lagi,” tutur Maulizal.

Arsyad dan Maulizal juga memaparkan mengenai sawit dan kontribusinya dalam kehidupan manusia secara umum serta terhadap perekonomian Indonesia. Sawit merupakan produk pertanian serbaguna yang bisa ditemukan dalam berbagai produk keseharian. Mulai dari makanan, kosmetik, bahan pembersih rumah tangga, produk perawatan tubuh, hingga bahan bakar untuk kendaraan.

Kelapa sawit juga merupakan penghasil minyak nabati yang paling efisien karena mampu menghasilkan minyak dalam jumlah banyak dari sedikit lahan dibandingkan dengan tanaman minyak nabati lain seperti bunga matahari, kedelai, dan kedelai. ***

Leave a Response