Tingkatkan Perdagangan ke China dan ASEAN, Indonesia Hadirkan Rumah Sawit

INDONESIA terus berupaya meningkatkan perdagangan dan investasi dengan China dan negara ASEAN lain, salah satunya dengan menghadirkan aneka produk unggulan Indonesia di ajang pameran China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-16 di The Nanning International Convention and Exhibition Center, Nanning, China, yang berlangsung pada 21–24 September 2019. “Hadirnya Indonesia pada CAEXPO di Nanning ini menjadi komitmen kami untuk menjalin kerja sama perdagangan dan investasi dengan China dan negara ASEAN lainnya,` ujar Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang juga Ketua Delegasi Indonesia pada CAEXPO 2019, dalam pembukaan acara tersebut. Hadir pula dalam ajang tersebut, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Dono Boestami. Di ajang itu, Indonesia menghadirkan dua paviliun, yaitu Paviliun Komoditi dan Paviliun Nasional (City of Charm). Paviliun Komoditi Indonesia menampilkan produk barang konsumsi, makanan dan minuman, fesyen, aksesori dan perhiasan, dekorasi rumah, serta furnitur.

Tingkatkan Perdagangan ke China dan ASEAN, Indonesia Hadirkan Rumah Sawit
INDONESIA terus berupaya meningkatkan perdagangan dan investasi dengan China dan negara ASEAN lain, salah satunya dengan menghadirkan aneka produk unggulan Indonesia di ajang pameran China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-16 di The Nanning International Convention and Exhibition Center, Nanning, China, yang berlangsung pada 21–24 September 2019. “Hadirnya Indonesia pada CAEXPO di Nanning ini menjadi komitmen kami untuk menjalin kerja sama perdagangan dan investasi dengan China dan negara ASEAN lainnya,` ujar Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan yang juga Ketua Delegasi Indonesia pada CAEXPO 2019, dalam pembukaan acara tersebut. Hadir pula dalam ajang tersebut, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Dono Boestami. Di ajang itu, Indonesia menghadirkan dua paviliun, yaitu Paviliun Komoditi dan Paviliun Nasional (City of Charm). Paviliun Komoditi Indonesia menampilkan produk barang konsumsi, makanan dan minuman, fesyen, aksesori dan perhiasan, dekorasi rumah, serta furnitur. Sedangkan, Paviliun Nasional Indonesia (City of Charm) tahun ini menampilkan konsep Rumah Sawit Indonesia yang memamerkan produk sawit dari hulu ke hilir. Paviliun Komoditas Indonesia tahun ini diikuti oleh 111 perusahaan dan Usaha Kecil Menengah (UKM). Perusahaan-perusahaan tersebut mengisi 104 buah stan yang telah disediakan. Sedangkan, 3 buah stan dengan desain spesial diisi oleh Kapal Api, APP Sinar Mas, dan BPDPKS. `` Menurut Mendag, melalui CAEXPO, hubungan kerja sama ASEAN dan China dapat terjalin lebih erat yang dapat dimanifestasikan dalam bentuk forum bisnis. `Forum bisnis dapat membuka lebih banyak peluang perdagangan dan investasi antara China dan negara anggota ASEAN,` tandas Mendag. CAEXPO merupakan salah satu pameran yang rutin diikuti  Indonesia guna memperkuat akses pasar dan  menjalin kerja sama perdagangan dengan China. CAEXPO diikuti 10 negara ASEAN dan tahun  ini  merupakan partisipasi ke-16 kalinya bagi Indonesia. Penyelenggaraan  pameran  ini merupakan  hasil  kesepakatan pada KTT China-ASEAN ke-7 pada Oktober 2003 di Bali dalam kerangka kerja perdagangan ekonomi CAFTA. ***