Kalangan Netizen Perdalam Pengetahuan Tentang B30

Dalam rangka sosialisasi penggunaan bahan bakar biodiesel 30% atau B30 yang dijadwalkan akan diterapkan mulai tahun 2020, Kementerian ESDM bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggelar acara Temu Netizen ke-13 di Medan, Sumatera Utara, Selasa (2/7/2019).

Kegiatan yang menyasar kelompok muda dan pegiat dunia online ini digelar untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas umumnya, dan khususnya kepada pegiat dunia online mengenai bahan bakar hasil campuran 70% solar dengan 30% biodiesel berbasis sawit itu. Kegiatan yang sama juga akan digelar di sejumlah kota, antara lain Balikpapan, Kalimantan Timur dan Palembang, Sumatera Selatan.

Acara Temu Netizen Ke-13 di Medan ini digelar dengan tema #MenujuB30, #AnakMedanDukungB30. Pemaparan disampaikan oleh Direktur Hilir Migas M. Rizwi Jilanisaf Hisjam dan Kepala Divisi Pengembangan Biodiesel BPDPKS Muhammad Ferian, serta didukung oleh PTPN IV dan Youtuber, KrisNKros.

Selain mendapat paparan mengenai seluk beluk B30, peserta juga mendapat kesempatan untuk melihat langsung aktivitas di perkebunan sawit yang dikelola oleh PTPN IV. Di perkebunan ini peserta mendapat penjelasan mengenai pemrosesan kelapa sawit yang menjadi bahan baku biodiesel.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah menjadwalkan penggunaan B30 pada 2020 mendatang sesuai amanat Peraturan Menteri ESDM No. 12 tahun 2015 tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 32 Tahun 2008 tentang Penyediaan, Pemanfaatan Dan Tata Niaga Bahan Bakar Nabati (Biofuel) Sebagai Bahan Bakar Lain.

Saat ini tengah digelar uji jalan (road test) yang diluncurkan mulai 13 Juni 2019 dan dijadwalkan selesai pada Oktober 2019. Uji jalan dilakukan menggunakan kendaraan penumpang dan angkutan barang berbahan bakar B30. ***

 

Leave a Response