BPDPKS Hadirkan Kelapa Sawit di KRL Jabodetabek

Produk kelapa sawit dan turunannya telah digunakan luas oleh masyarakat Indonesia dalam kesehariannya, namun belum banyak yang mengetahui manfaat sawit tersebut. Sebagai upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kelapa sawit, sejak 26 April 2021 Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) melakukan penayangan Iklan Layanan Masyarakat “Manfaat Sawit dalam Keseharian” pada video screen gerbong kereta KRL Jabodetabek.

 

Video animasi sawit berdurasi 90 detik tersebut menampilkan maskot sawit BPDPKS “Sasa” dan “Wiwit” yang mendeskripsikan penggunaan minyak kelapa sawit dan turunannya pada produk makanan, kosmetik, perawatan tubuh, dan produk energi terbarukan berupa Biodiesel B30. Mengusung tagline “SawitMembangunNegeri”, iklan layanan masyarakat tersebut menyampaikan pula fakta bahwa Indonesia bukan hanya sebagai konsumen minyak sawit namun juga sebagai produsen terbesar minyak sawit di dunia. Juga diceritakan tentang penyerapan tenaga kerja petani dan pekerja di sektor sawit yang mencapai 16 juta orang, serta komoditas sawit sebagai salah satu penyumbang devisa ekspor terbesar bagi negara.

 

Menyaksikan penayangan iklan layanan tersebut, beragam tanggapan muncul dari commuters pengguna KRL Jabodetabek yang disampaikan melalui media sosial. “Makasih infonya, ternyata banyak juga ya manfaat Klp Sawit..” komentar @peter.sutrajaya. Pengguna lain @syahrima menuliskan “Sasa Wiwit gemes sekaliii, ternyata banyak banget manfaat kelapa sawit ya dan sering dipake setiap hari”.

 

“udah liat dooong tayangan Sasa Wiwit…sawit ada di shampoo ya ternyata, nggak nyangka euy” ujar @dewisjamsoeddin melalui akun Instagram. Masih banyak komentar lainnya dari para commuter yang umumnya baru mengetahui penggunaan produk sawit dalam kehidupan keseharian.

 

Dalam melaksanakan salah satu tugasnya yaitu promosi sawit, BPDPKS telah berupaya mengenalkan manfaat sawit kepada masyarakat dalam negeri melalui berbagai medium seperti Talkshow, Pameran, Seminar, produksi material promosi, Publikasi di media massa, serta melalui media sosial. Melalui sarana-sarana tersebut, mulai tumbuh pemahaman masyarakat tentang manfaat dan pentingnya sawit bagi Indonesia dan memberikan perimbangan informasi atas maraknya isu negatif terhadap sawit. Cakupan medium promosi sawit diperluas pula ke media luar ruang yang salah satunya yaitu iklan layanan masyarakat pada video screen KRL Jabodetabek.

 

Masyarakat Jabodetabek memiliki mobilitas yang tinggi dengan salah satu transportasi utama adalah KRL. Data BPS (2019) menunjukkan rata-rata penumpang KRL sebanyak 933 ribu orang per hari. Sekitar 46% masyarakat Jabodetabek rutin menggunakan KRL (Nielsen, 2019) dengan rata-rata waktu yang digunakan penumpang dalam KRL adalah sekitar 1 jam 37 menit setiap harinya. *** (ANW/BPDPKS)