Yang Unik dari Karakteristik Sawit

0
381

SUDAH bukan cerita lagi bila kelapa sawit memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun, satu hal yang sering tidak disadari adalah pengaruh yang ditimbulkan oleh kelapa sawit yang memanjakan manusia.

Sawit adalah komoditas yang luar biasa, bukan saja karena manfaatnya yang beragam, tetapi juga karena karakteristiknya yang unik yang sering tidak kita sadari. Misalnya, ketika kita mengoleskan selai pada roti, tanpa disadari selai akan menyebar merata dengan mudah seiring arah olesan. Ternyata, sawitlah yang membuat selai itu bisa halus dan lembut hingga mudah dioles.

Contoh lainnya, ketika anak-anak kita makan permen, mereka begitu terlihat senang, bukan hanya rasanya yang manis tetapi juga karena sensasi kekenyalan permen itu. Nah, sawitlah yang membuat permen itu kenyal dan halus di mulut. Begitupun dengan es krim, kelembutan es krim juga dikarenakan ada kandungan sawit di dalamnya.

Sawit juga membuat para koki atau juru masak senang karena mereka bisa berimprovisasi dengan tekstur dan rasa. Sebab, minyak sawit tidak memiliki rasa dan tidak berbau. Itulah mengapa makanan terasa lezat karena rasa yang ditimbulkan bumbu terasa murni tanpa tercampur aroma minyak sawit. Apalagi, minyak sawit bebas dari lemak trans berbahaya.

Coklat juga makanan enak yang sering kita tidak disadari bahwa ada kandungan sawit di dalamnya yang membuat coklat bisa dinikmati seperti sekarang. Bayangkan jika tanpa ada sawit di dalamnya, di musim panas coklat akan cepat lumer begitu dibuka dari kemasannya.

Pengguna kosmetik juga merasakan hal sama seperti coklat. Lipstik misalnya, akan tetap menempel di bibir sesuai bentuknya karena memiliki kandungan sawit. Bayangkan jika tanpa sawit, lipstik akan meleber kemana-mana. Warna lipstik pun tidak berubah dan bisa tetap mengkilap karena memiliki kandungan sawit.

Begitupun dengan sabun yang terasa halus dan lentur. Sawit, selain membuat halus, juga menjadikan sabun berwarna dan memiliki aroma harum. Saat diletakkan di tempatnya, sabun juga tidak licin.

Tentu tidak hanya itu hanya itu, namun akan sangat panjang untuk menyebutkan satu persatu keunikan karakteristik sawit. Yang pasti, tanpa kita sadar, suka tidak suka sawit selalu ada di dekat kita. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini