Hasil Survey kepuasan BPDPKS

Hasil Survey kepuasan BPDPKS

Penelitian terkait survei kepuasan pengguna layanan ini bertujuan untuk mengkaji tingkat atau indeks kepuasan pengguna layanan yang diberikan oleh BPDPKS selama tahun 2023, serta untuk mengukur kualitas pelayanan publik sekaligus menjadi dasar dalam menyusun rekomendasi untuk peningkatan kualitas pelayanan dari masing-masing Direktorat. Hasil dari survei ini diharapkan dapat memberikan gambaran terkait capaian kerja dan permasalahan yang terjadi dalam pelayanan publik di lingkungan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit. Populasi penelitian ini adalah pengguna layanan BPDPKS yang mencakup penghimpun dana, penyaluran dana dan penyedia jasa. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik survei melalui penyebaran kuesioner online kepada sampel penerima layanan BPDPKS. Pengelolahan data yang dikumpulkan selanjutnya akan dianalisis menggunakan metode deskriptif kuantitatif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan analisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Pelayanan BPDPKS tahun 2023 telah terlaksana dengan baik, diperoleh hasil survei menggunakan 5 indikator metode RATER dengan indeks 3.69 yang tergolong dalam kategori sangat puas terhadap layanan yang diberikan oleh BPDPKS dan indeks kepuasan tahun ini telah mencapai target penetapan sesuai dengan IKU dari Direktur Utama BPDPKS sebesar 3.4.