Industri Sawit Perlu Pahami Entomologi untuk Tingkatkan Produksi

0
323
Foto: KATADATA/Arief Kamaludin

INDUSTRI kelapa sawit memiliki andil yang signifikan dalam pengembangan ekonomi daerah dan nasional serta  pengentasan kemiskinan. Namun faktor kendala produksi, khususnya serangan hama, acapkali menjadi kendala di lapangan.

“Entomologi atau ilmu tentang serangga menjadi signifikan dalam industri kelapa sawit,” kata Vice President of Sustainability PT Astra Agro Lestari Tbk, Bandung Sahari dalam Acara Seminar Nasional PEI (Perhimpunan Entomologi Indonesia) di Jakarta beberapa waktu lalu.

Menurutnya, tantangan yang dihadapi oleh industri agribisnis seperti kelapa sawit salah satunya adalah hama. Kendala tersebut menyebabkan pendapatan masyarakat menurun yang juga mengancam kesejahteraan masyarakat. Jika tidak segera ditangani dengan baik dalam jangka panjang akan mengancam keberlanjutan produktivitas minyak sawit dan. Bandung menyarankan untuk melakukan penelitian yang menunjang pengendalian hama ramah lingkungan.

Pengamat Entomologi, Siti Herlinda pun mengamini bahwa penelitian mengenai serangga pada industri kelapa sawit saat ini masih sangat sedikit. “Saat ini, Malaysia terdepan dalam penelitian tentang serangga pada kelapa sawit. Kita masih banyak mengggunakan penelitian-penelitian dari Malaysia,” katanya. *** (Sumber: Bisnis.com)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini