Peraturan Penggunaan Dana Sawit

0
364

BADAN Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) bertugas untuk mengumpulkan dan mengelola dana sawit. Sesuai Perpres No. 61 Tahun 2015, dana tersebut digunakan untuk sejumlah tujuan.

Dalam Pasal 11 Ayat (2) disebutkan bahwa dana yang dihimpun digunakan untuk kepentingan Pengembangan sumber daya manusia Perkebunan Kelapa Sawit, Penelitian dan pengembangan Perkebunan Kelapa Sawit, Promosi Perkebunan Kelapa Sawit,  Peremajaan Perkebunan Kelapa Sawit  dan Sarana dan prasarana Perkebunan Kelapa Sawit.

“Penggunaan Dana yang dihimpun untuk kepentingan sebagaimana dimaksud, termasuk dalam rangka pemenuhan hasil Perkebunan Kelapa Sawit untuk pangan, hilirisasi industri Kelapa Sawit, serta penyediaan dan pemanfaatan bahan bakar nabati jenis biodiesel,” demikian bunyi Pasal 11 Ayat (2) Perpres tersebut.

Pihak yang ditunjuk untuk menetapkan prioritas penggunaan dana tersebut adalah BPDPKS dengan memperhatikan program pemerintah dan kebijakan Komite Pengarah. Hal tersebut sesuai dengan Pasal 11 Ayat (3).

Sesuai Pasal 28 Ayat (3), yang dimaksud dengan Komite Pengarah terdiri atas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang bertindak sebagai ketua, dengan sejumlah anggota yang terdiri dari Menteri Pertanian, Menteri Keuangan, Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan, dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini