Presiden Minta Dukungan Pengembangan Biodiesel

0
671
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato pada pembukaan Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2018 di BSD, Tangerang Selatan, Kamis (2/8/2018). (foto:VIVA/Dian Tami)

PRESIDEN Joko Widodo memastikan Indonesia sangat serius menerapkan penggunaan biodiesel dengan campuran 20% minyak sawit (B20). Presiden meminta dukungan semua pihak untuk mewujudkan tujuan ini.

“Saya minta bantuan semuanya untuk mendukung penuh supaya subsitusi biodiesel berjalan maksimal,” kata Presiden dalam pidatonya saat membuka pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2018 di BSD, Tangerang Selatan, Kamis (2/8/2018).

Presiden menyatakan penerapan program Biodiesel 20 diharapkan dapat mengangkat harga sawit dunia dan Indonesia juga akan menghemat devisa hingga US$5,9 miliar (sekitar Rp86,4 triliun, dihitung dengan kurs Rp14.400 per US$). Melalui penghematan devisa itu, Indonesia bisa menghapus defisit neraca transaksi berjalan senilai US$6 miliar.

“Defisit itu bisa kita selesaikan dengan cara tadi. Saya minta dengan sangat kesungguhan dan keseriusan untuk membantu implementasi B20. Brasil pada 1970 sudah bisa 100% bioethanol dari produk gula, tebu. Kita punya sawit jutaan ton, tidak bisa menyelesaikan ini?” tegas Jokowi. **

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini