Uni Eropa Janji Tuntaskan Polemik Sawit Akhir Tahun

0
241

PARLEMEN Uni Eropa memprediksi penyelesaian polemik produk sawit Indonesia yang dilarang oleh Uni Eropa akan selesai pada akhir 2018. Penyelesaiannya akan dicapai melalui pertemuan tiga pihak antara Dewan Uni Eropa, Parlemen Uni Eropa, dan Komisi Uni Eropa. Selain itu akan dilakukan pula pembicaraan dengan negara-negara pemasok sawit terbesar ke Eropa, yakni Indonesia, Malaysia, Kolombia, dan lainnya.

“Formal Trilogue yang melibatkan Dewan Uni Eropa, Parlemen Uni Eropa, dan Komisi Uni Eropa untuk membahas impor kelapa sawit akan dilaksanakan, agar kami bisa mempertimbangkan solusi yang menguntungkan bagi masing-masing pihak, termasuk Indonesia,” kata Ketua Komite Urusan Luar Negeri Parlemen Uni Eropa, David McAllister sebagaimana dikutip Liputan6.com.

McAllister memahami kekhawatiran dari pemerintah Indonesia tentang nasib kelapa sawit di pasar Eropa. Penghentian impor akan berdampak krusial, mengingat, jutaan masyarakat Tanah Air menggantungkan penghasilan ekonominya dari komoditas tersebut.

“Mengingat ini isu penting, kami belum bisa pastikan kapan solusinya akan selesai. Tapi saya perkirakan, bisa rampung pada akhir tahun 2018,” kata McAllister. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini