Malaysia Ajak Produsen Sawit Adukan Uni Eropa ke WTO

0
812
Menteri Perdagangan Internasiaonal dan Industri Malaysia Mustapa Mohammed (foto: Star Online)

MENTERI Perdagangan dan Industri Malaysia, Mustapa Mohamed  berencana mengajak negara-negara produsen minyak kelapa sawit dunia, khususnya Indonesia, melaporkan Uni Eropa ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Pokok aduan tidak lain karena larangan yang diterapkan benua tersebut dinilai sebagai pelanggaran potensial terhadap peraturan Organisasi Perdagangan Dunia itu

Mustapa mengatakan bahwa langkah Uni Eropa adalah “usaha yang disengaja” untuk menghalangi akses minyak sawit ke pasar Uni Eropa, selanjutnya pemerintah Malaysia akan mengangkat isu tersebut pada komite WTO pada bulan Maret dan April 2018 lalu.

Malaysia juga akan menggalang dukungan dengan negara-negara produsen minyak kelapa sawit lainnya untuk mempertimbangkan “Upaya yang lebih terpadu untuk menyuarakan kepentingan kami” di hadapan komite-komite di bawah WTO.

“Saya mendesak sektor swasta Eropa untuk bersikap adil dan tidak terpengaruh oleh kebijakan Parlemen Eropa dan sentimen negatif terhadap minyak sawit,” tandas dia. (Sumber: Channel News Asia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini