Ini Bukti Minyak Sawit Baik untuk Kesehatan

0
189

SEBAGAI minyak yang berasal dari tumbuhan, minyak kelapa sawit sama sekali tak memberi dampak buruk kepada manusia. Minyak nabati pohon jenis serabut ini sejatinya banyak mengandung unsur vitamin dan protein yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia.

Berdasar catatan penelitian laboratorium diketahui,  dalam satu sendok minyak kelapa sawit  terkandung   120 kalori dan 13,6 gram lemak. Tidak kurang dari  50 persennya berisi  lemak jenuh, 40 persennya lemak tak jenuh tunggal dan 10 persen lemak tak jenuh ganda.

Dalam satu sendok minyak kelapa sawit juga mengandung 2,17 mg vitamin E dan 1,1 mcg vitamin K. Dalam vitamin E itu, terdapat delapan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi kulit. Vitamin E yang ditemukan dalam minyak kelapa sawit berfungsi untuk menghambat “radikal bebas” yang merusak di kulit Anda. Vitamin E juga membantu mencegah penyakit jantung dan kanker.

Sedangkan manfaat vitamin K yang terdapat dalam kandungan minyak ini berguna untuk menghindari potensi mudah mengalami memar di kulit. Ini dikatakan oleh National Institutes of Health (NIH), yang menyebut orang yang kekurangan vitamin K akan memiliki gejala mudah memar, perdarahan dan resistensi terhadap antibiotik.

Tanpa vitamin K, luka sekecil apa pun ke kulit anda akan menyebabkan kehilangan banyak darah. Vitamin K memungkinkan pembekuan darah, yang membantu menutup luka dari dalam dan menjaga aliran darah ke seluruh tubuh. Vitamin K dalam satu sendok minyak kelapa sawit berfungsi sebagai penambah kekuatan vitamin yang sudah ada.

Asam Lemak Omega-3

Unsur lainnya adalah asam lemak omega-3. Dilansir oleh University of Maryland Medical Centre, peneliti  kampus ini menemukan bahwa asam lemak omega-3 bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung, kanker dan radang sendi. Omega-3 sangat terkonsentrasi di otak, di mana ia membantu fungsi ingatan, kognitif dan perilaku. Asam lemak omega 3 yang ditemukan dalam minyak kelapa sawit dapat membantu menjaga fungsi otak anda secara maksimal.

Pada bagian lain, ada unsur lemah sehat pada bahan nabati ini. Lemak yang sehat adalah komponen yang diperlukan untuk membuat asam lemak penghasil energi yang dibutuhkan tubuh. Satu sendok minyak kelapa sawit mengandung 13g lemak jenuh dan tak jenuh tunggal dengan proporsi yang hampir sama. Lemak tak jenuh tunggal akan menurunkan kolesterol. Menurut NIH, kedua lemak tersebut tinggi kalori.

Sementara menurut American Palm Oil Council, beta-karoten (turunan vitamin A) sebagai antioksidan utama karotenoid dari minyak kelapa sawit. Warna kuning dalam minyak kelapa sawit disebut karotenoid oleh para ilmuwan dan merupakan indikasi yang baik dari sifat antioksidan. Beta-karoten bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh kerusakan sel. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini