Komisi XI DPR Berdialog dengan Petani Sawit Serdang Bedagai

0
2036

KOMISI XI DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat (PSR) di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Jumat (6/7/2018). Para angggota Komisi XI melakukan dialog dengan petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan semua pihak terkait program peremajaan (replanting) perkebunan sawit rakyat.

Dalam dialog tersebut, para petani menyampaikan sejumlah aspirasi. Antara lain, berharap agar dana bantuan peremajaan dari BPDPKS bisa ditambah. Selama ini, BPDPKS menyalurkan bantuan sebesar Rp25 juta per hektar. Selain itu petani juga mengusulkan kepada Komisi Pengarah agar alokasi dana yang dikelola BDPKS untuk petani sawit disamakan dengan alokasi untuk insentif biodiesel.

Dari masukan-masukan tersebut, DPR menyimpulkan perlu adanya sinkronisasi dan penyempurnaan aturan terkait PSR, mulai dari pedoman umum, penerapan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No. 84 tahun 2017 tentang Tentang Penggunaan Dana Peremajaan Perkebunan Kelapa Sawit Badan Layanan Umum Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit dan Peraturan Direktur Utama BPDPKS. Komisi XI DPR juga akan mengundang para pihak untuk membahas lebih lanjut.

Dalam pertemuan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Marwan Cik Asan tersebut, hadir antara lain petani anggota Gapoktan Amanah, Gapoktan Fortuna, Ketua Apkasindo Sumut, Wakil Ketua Gapki Sumut, Offtaker (PT Paya Pinang), perbankan mitra (BRI, BNI dan Mandiri ), Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Serdang Bedagai, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumut, Wakil dari Ditjenbun, Direktur Penghimpunan Dana Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Herdrajat Natawijaya, dan Kakanwil Pajak Sumut. ***

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini