BPDPKS, Kemenlu, dan Universitas Jambi Gelar Executive Oil Palm Program for Ambassadors

0
170

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan Universitas Jambi menyelenggarakan Executive Oil Palm Program for Ambassadors di Jambi, pada 16-18 April 2018.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini bertujuan untuk memperlihatkan praktik langsung pengelolaan kelapa sawit di Indonesia. Kunjungan antara lain dilakukan ke perkebunan milik PT Inti Indosawit Subur (PT IIS), unit bisnis Asian Agri di Jambi. Pada kesempatan ini, para Duta Besar dan perwakilan Kedutaan Besar negara anggota Uni Eropa diajak melihat langsung pengelolaan industri sawit lestari. Delegasi juga dibawa mengunjungi pembangkit listrik tenaga biogas yang dibangun oleh Asian Agri sebagai bagian dari zero waste management.

Di hari kedua, kunjungan dilaksanakan di lokasi project Collaborative Research Center (CRC) 990 yang berlokasi di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VI, yaitu pada plot Biodiversity Enrichment Experiment (BEE) dan Climate Tower. CRC 990 ini merupakan kerja sama Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Jambi, Universitas Tadulako dan University of Gottingen Jerman.

Selama lebih dari 5 tahun CRC990 telah melakukan riset intensif di Indonesia mengenai land transformation, termasuk peralihan fungsi hutan ke fungsi perkebunan, seperti hutan karet dan kelapa sawit. Riset ini telah menghasilkan sekitar 60 artikel ilmiah yang telah diterbitkan di berbagai jurnal ilmiah internasional.

Kunjungan terakhir dilakukan ke Hutan Harapan pada 18 April. Hutan Harapan adalah kawasan hutan produksi pertama di Indonesia yang dikelola oleh PT Restorasi Ekosistem Indonesia (PT REKI) untuk dipulihkan ekosistemnya. Inisiatif pengelolaan hutan produksi ini telah mengilhami lahirnya lebih banyak lagi kawasan-kawasan restorasi ekosistem dalam upaya menyelamatkan hutan tersisa. Usaha restorasi ekosistem Hutan Harapan merupakan upaya nyata untuk mempertahankan dan memulihkan kondisi hutan dataran rendah Sumatera yang sangat penting. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini