Penyerapan Biodiesel Tahun Ini Bakal Melonjak

0
38

Asosiasi produsen biofuels Indonesia (Aprobi) memperkirakan penyerapan biodiesel nasional tahun 2018 mencapai 3,5 juta kiloliter (KL) atau meningkat dari 2017.

Ketua Harian Aprobi,  Paulus Tjakrawan di Jakarta, Senin (22/1/2018) mengungkapkan, hingga November 2017 penyerapan biodiesel mencapai 3,13 juta kiloliter, sementara serapan dalam negeri sebesar 2,35 juta kiloliter atau 90% dari total serapan, dan untuk ekspor sebesar 179.000 kiloliter.

“Meningkatnya produksi tahun ini bisa dipicu oleh penggunaan biodiesel oleh transportasi kereta api. Bila kereta api menggunakan biodiesel tahun ini bisa menyerap sekitar 400.000-500.000 kiloliter,” katanya seperti diwartakan Antara.

Selain untuk kereta api, Aprobi mendorong penyerapan biodiesel untuk sektor pertambangan, alat utama sistem pertahanan (alutsista) dan alat-alat berat. Sementara penggunaan biodiesel untuk avtur atau bahan bakar pesawat terbang masih harus menunggu peraturan dari Kementerian Perhubungan. “Kalau semuanya jalan maka penyerapan biodiesel dalam negeri baik untuk PSO maupun non PSO bisa mencapai hampir 6 juta kiloliter,” katanya.

Saat ini setidaknya  terdapat 22 perusahaan biodiesel di Indonesia dengan kapasitas produksi mencapai 12 juta kiloliter per tahun. Kapasitas produksi yang besar ini memang awalnya ditujukan untuk ekspor. **

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini