Kementerian ESDM Uji Coba Biodiesel 30% Agustus 2018

0
283

MENINDAKLANJUTI arahan Presiden Joko Widodo untuk mengkaji penerapan mandatori biodiesel 30% (B30), Kementerian dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana melakukan uji jalan atau road test kendaraan berbahan bakar B30 mulai Agustus 2018. Road test akan berlangsung selama enam bulan, antara Agustus 2018 hingga Maret 2019.

Hal tersebut disampaikan Direktur Bioenergi pada Ditjen Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Andriah Feby Misna dalam rapat koordinasi persiapan uji penerapan B30 di Kantor Ditjen EBTKE, Jakarta, (25/7/2018).  “B30 kalau melihat roadmap memang 2020, road test 2019. Tapi karena kondisi neraca perdagangan defisit dan meningkatkan ketahanan energi, maka B30 harus dipercepat,” ujarnya sebagaimana diberitakan Bisnis.com.

Uji coba tersebut akan dilakukan dengan jarak tempuh 40 ribu kilometer. Uji coba ini akan menempuh rute Serpong-Tol Jagorawi-Puncak-Cianjur-Padalarang-Cileunyi-Bandung-Lembang-Subang-Cikampek-Pamanukan-Karawang-Cibitung-Serpong. Bila hasil road test dinyatakan berhasil, maka pemerintah akan melakukan review dan finalisasi spesifikasi SNI biodiesel yang diperkirakan akan berlangsung Januari-Mei 2019.

Sementara itu, untuk penerapan B20 dan B30 pada industri dan alat berat, Ditjen EBTKE juga sudah mengundang sejumlah perwakilan industri untuk membahas kesiapan mereka. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini