Tiga Pengolahan Sawit Akan Dibangun di Pesisir Selatan Sumbar

0
180
Foto: Merdeka.com/arie basuki

TIGA pabrik pengolahan kelapa sawit akan dibangun di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akhir Juli ini. Kehadiran pabrik ini,  Diharapkan kehadiran pabrik itu akan menstabilkan harga Tandan Buah Segar (TBS) dari petani di Pesisir Selatan.

Dua dari tiga pabrik itu berada di Kecamatan Lunang dan satu lagi berada di Kecamatan Lengayang. ”Izin prinsip kita terbitkan sebagai respons positif atas keseriusan investor yang ingin berinvestasi di Pesisir Selatan,” ujar Kepala Dinas Perizinan Pesisir Selatan, Suardi di Painan sebagaiamana diberitakan Haluan, (22/7/2018).

Ketiga kecamatan itu memiliki potensi sawit rakyat yang melimpah. Bahkan acap kali produksi tandan buah segar kelapa sawit yang melimpah itu membuat harganya menjadi anjlok. “Saat ini harga tandan buah segar kelapa sawit produksi kebun rakyat berkisar Rp500 sampai Rp550 per kilogram. Kami berharap beroperasinya ketiga perusahaan tersebut, harga tandan buah segar akan bersaing,” ujar Suardi.

Pemberian izin ini diharapkan segera diikuti oleh pembangunan pabrik sesegera mungkin. Jika tidak Pemkab Pesisir Selatan akan mencabut kembali izin prinsip yang diterbitkan “Bagi yang serius maka Pemkab akan memberikan kemudahan termasuk dalam hal penerbitan izin lain, karena dari 120 jenis izin hanya mendirikan bangunan yang mesti mengeluarkan biaya, selebihnya gratis,” tuturnya. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini