Pemerintah Dukung Ketenagakerjaan Industri Sawit

0
30

Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri menegaskan pihaknya akan membantu industri kelapa sawit untuk tetap menjadi industri andalan dan memberikan kontribusi besar kepada negara.

Hal tersebut disampaikan Hanif kepada pengurus Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) saat berdialog di kantor Kemenaker, (9/1/2018). Ia mengungkapkan pemerintah siap membantu industri kelapa sawit, namun dalam pelaksanaannya harus dibarengi dengan kesiapan pelaku usaha untuk menaati peraturan yang ada.

“Dari sisi pemerintah akan tetap membantu industri ini supaya tetap menjadi industri andalan dan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar kepada negara.Namun dalam pelaksanaannya juga harus taat terhadap semua peraturan yang berlaku, ujar Hanif.

Danang Giriwardana, Direktur Eksekutif GAPKI, mengungkapkan pihaknya memang sengaja menemui Menteri Ketenagakerjaan agar pihak kementerian memberikan pembinaan dan pengawasan terkait ketenagakerjaan, khususnya di sektor perkebunan kelapa sawit.

“Kami memohon Bapak Menaker untuk memberikan pembinaan dan pengawasan kepada perusahaan perkebunan sawit, agar dalam pelaksanaan tenagakerja di perkebunan sawit sudah sesuai dengan peraturan perundangan yg berlaku,” tegas Danang.

Kepada Menaker, GAPKI juga mengadukan serta meminta solusi terkait berbagai isu negatif ketenagakerjaan yang menyerang industri sawit Indonesia. Antara lain tuduhan penyebab kerusakan lingkungan, pelanggaran HAM, pengurangan lahan hutan, isu pekerja anak, upah dan status pekerja, serta isu-isu lain terkait lingkungan hidup dan persaingan bisnis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini