Norwegia Pastikan Tak Larang Produksi Sawit Indonesia

0
43

PEMERINTAH Norwegia berjanji tidak akan melarang produk kelapa sawit Indonesia masuk ke Norwegia setelah mendapat tekanan dari Indonesia. Pemerintah Norwegia menyatakan wacana pelarangan biofuel berbahan dasar sawit dari Indonesia merupakan usulan parlemen yang tidak mengikat.

Hal tersebut disampaikan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita usai bertemu Menteri Perikanan dan Pesisir Norwegia Per Sandberg di Jakarta, Rabu (18/4/2018). “Disampaikan oleh menteri bahwa itu non binding (tidak mengikat) dan pemerintah (Norwegia) juga menolak untuk memberlakukan itu (penyetopan biofuel),” kata Enggartiasto di Kementerian Perdagangan, (18/4/2018).

Pertemuan antara lain membahas mengenai usulan Parlemen Norwegia untuk melarang  biofuel berbahan dasar sawit dari Indonesia. Mendag menyatakan jika hal itu dilakukan, Indonesia akan menerapkan azas resiprokal, yakni akan melarang produk Norwegia, yakni ikan salmon.

“Saya sampaikan bahwa kita ingin perdagangan bebas, kita tidak setuju dengan proteksionisme, kita tidak mau perang dagang tapi Norwegia yang memulai. Kita bilang kita akan bertindak resiprokal kalau itu terjadi. Dia bilang tidak,” tutur Enggar.

Sandberg menjelaskan bahwa usulan Parlemen tersebut tidak mengikat dan pemerintah Norwegia sudah menolaknya. Usulan tersebut juga disampaikan oleh kelompok oposisi di parlemen. “Saya minta Menteri Perikanan memberitahu ke Parlemen Norwegia, kalau larangan itu terjadi yang dirugikan rakyat Norwegia juga,” tegas Mendag. ***

TINGGALKAN KOMENTAR

Tulis komentar Anda
Tulis nama anda disini